Minggu, 25 Desember 2011

RASULULLAH SEBAGAI USWATUN KHASANAH YANG SEMPURNA



A.    Hal Ihwal Rasul sebagai Uswatun Khasanah
Al Qur’an menjelaskan dalam Q. S. Al- Ahzab: 21

Nabi Muhammad sebagai uswatun hasanah atau suri tauladan yang  baik mencontohkan sifat-sifat diantarannya adalah :
1.      Akhlak islamiyah (Taqwa)
Adalah taat kepada Allah dan ingin mendapat pahala dari Dia, dan juga mengandung pengertian takut kepada Allah dan takut kepada siksanya dengan arti yang luas. Dalam Q. S Al- Maidah: 8 dijelaskan bagaimana menjadi seorang yang bertaqwa:

Ciri-ciri akhlak islamiah
a.       Kebajikan yang mutlak
Yaitu bersih deari mementingkan diri sendiri/mengutamakanj segolongan manusia terhadap orang lain/bersih dari memenuhi ajakan hawa nafsu dan pengaruh lingkungan.
b.      Kebaikan yang menyeluruh
Ialah menjamin kebaikan untuk seluruh umat manusia disegala zaman dan semua tempat dan bahwasannya akhlak islamiah itu mudah dan gampang.
c.       Kemantapan
Ahlak islamiyah itu ditandai dengan sifat tetep, langgeng dan mantap
d.      Kewajiban yang dipatuhi
2.      Kegemaran Nabi Kepada Akhlak yang Mulia
Bahwa Rasulullaah  SAW. dipilih oleh Allah dari rumpun yang termulia dan dipelihara oleh Allah pada masa kecilnya dan masa remajanya,sampai dipilih menjadi seorang pemberikabar gembira dan peringatan,beliau dipelihara dan dididik dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan firman Allah Q. S. Al-A’raf 199


3.      Keberanian
Keberanian Rasulullah SAW akan jelas kepada kita bbahwa keberanian beliau lebih tinggi nilainya daripada sekedar masalah takut mati, karena Rasulullah SAW  dalam menghadapi mati itu tidak sekedar untuk membela diri tetapi keberanian beliau adalah untuk membela agama, membela yang hak, membela sahabat, membela nilai-nilai yang tinggi yaitu risalah yang beliau bawa.
Rasulullah SAW bukan saja seorang yang berani tetapi baliau adalah menjadi contoh dalam keberanian buktinya beliau adalah orang yang berani dalam waktu damai, berani dalam peperangan, berani dalam keadaan sendiri, berani dalam keadaan pembelaan-pembelaannya hanya sedikit, berani dalam jamaahnya, berani dalam keadaan banyak kawan, berani terus terang dalam membela yang hak dan berani dalam membela akidah apapun akibat yanng timbul dari padanya.
Allah menjelaskan dalam Q. S. At-Taubah 41

              Beberapa Hal Ihwal Rasulullah SAW diatas adalah mencerminkan betapa Nabi Muhammad adalah uswatun Khasanah yang smpurna. Selain sifat-sifat yang diatas terdapat banyak lagi sifat Rasulullah SAW yanng menunjukan kebaikan yaitu pemurah (Al Karam), adil (Al ‘adl), ‘iffah (Al ‘iffah), benar (AshShidqu), amanah (Al Amanah), sabar (As Shabru), lapang hati (Al Hilmu), pemaaf (Al ‘Afwu), kasih sayang (Ar Rahman), mengutamakan perdamaian (Itsarus Salam), zuhud (Az Zuhdu), malu (Al Haya), tawadu’ (At Tawadhu’), kesetiaan (Al wafa), musyawaroh (Asy Syura), kebaikan pergaulan (Thiibul ‘Isyrah), cinta bekerja (Hubbul ‘Amal), kesukaan dan lelucon (Al Bisyru Wal Fukahah).

B.     Akhlak Umat Islam seharusnya
Dalam era modern sekarang ini, akhlak seolah-olah hanya sebagai slogan daam menilai karakter seseorang. Banyak terlihat dengan jelas di sekitar kita bagaimana pola pergaulan yang bahkan dilakukan oleh umat islam sendiri menyimpang dari esensi dan nilai akhlak. Meningkatnya angka kriminalitas, justru banyak dilakukan oleh orang islam yang selalu mengaku dan mendengungkan akhlak sebagai dasar dakwah dan pergaulan dalam islam.
Seharusnya sebagai umat islam yang baik memiliki akhlak yang kaffah dan berakhlak alkarimah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar